Selamat Datang di Blog Kajian Sastra Daerah

Rabu, 23 Mei 2012

PARAGRAF JURNALISTIK



OLEH

RUKIMA

A2D1 09 150

A.    Pendahuluan

Paragraf adalah seperangkat  kalimat tersusun logis – sistematis yang merupakan satu kesatuan ekspresi pikiran yang relevan dan mendukung pikiran pokok yang tersirat dalam keseluruhan karangan.

Paragraf kerap disebut pula alinea.secara fisik visual,sebuah paragraf atau alinea ditandai dengan penulisan kata awal kalimat yang menjorok ke dalam beberapa ketukan.inilah yang lazim dinamakan baris baru atau ganti baris.sebuah paragraf bisa terdiri  atas beberapa kalimat,bisa pula hanya sebuah kaliamat.bahkan dalam karya feature,cukup banyak ditemukan paragraf yang hanya terdiri atas satu kata.jadi,sebuah paragraf bisa hanya merupakan sebuah kalimat,bisa pula hanya sebuah kata..

Dalam bahasa jurnalistik, sangat dihindari penggunaanparagraf-paragraf panjang.terdapat dua dua alasan dan pertimbangan mengapa bahasa jurnalistik lebih menyukai paragraf-paragraf pendek yang rata-rata terdiri atas 3-5 baris saja.pertama alasan filosofis, dan kedua alasan teknis.alasan filosofis,bahasa jurnalistik harus disajikan secara sederhana dan ringkas karena khalayak media massa sangat heterogen serta berada dalam sifat ketergesa-gesaan.alasan teknis,bahasa jurnalistik disajikan dalam ruang lajur-lajur kolom yang sangat pendek dan sempit.

B.    Pembahasan

Menentukan ide pokok, kalimat utama, kata kunci dan paragraf utama dalam berita utama, tajuk rencana dan opini

1.    Berita utama

Berita utama pada Koran kendari pos edisi jumat, 18 november 2011 yang berjudul Busyro dituduh membusukkan DPR. Dalam berita utama memuat tujuh paragraf, ketujuh paragraf paragraf tersbut terdapat paragraf  utama yang terletak pada paragraf satu yaitu Anggota komisi 111 DPR RI, Nudirman munir mengatakan tundingan miring yang dilontarkan oleh pimpinan lembaga Negara terhadap DPR akhir-akhir ini harus diwaspadai sebagain salah satu upaya untuk memojokkan dan membusukkan terhadap institusi DPR.

Dalam paragraf utama yang terletak pada paragraf satu memuat ide pokok yaitu tundingan miring yang dilontarkan oleh pimpinan lembaga Negara terhadap DPR akhir-akhir ini harus  di waspadai sebagai salah satu upaya untuk memojokkan dan membusukkan terhada institusi paragraf. Dalam berita utama terdapat kalimat utama terletak pada pargraf delapan yaitu Nudirmsan mengingatkan ketua KPK Busyro Muqoddas agar membuang sikap kecurigaannya yang terus menerus ke DPR. Serta dalam berita utama terdapat kata kunci penuduhan.

2.    Tajuk Rencana

Tajuk rencana  pada Koran kendari pos edisi jumat,18 November 2001 yang berjudul Reses Orang-orang senayan yang memuat 11 paragraf . dalam paragraf tajuk rencana ini memuat 11 paragraf terdapat paragraf utama yang terletak pada paragraf satu yaitu Pemilu 2009 lalu,Sultra melahirkan 9 orang terbaik daerah ini  yang mendapatkan kepercayaan rakyat untuk mewakili mereka dipusat. Lima berasal dari partai politik yang menjadi anggota DPR RI.mereka kemudian dimandat 2 jutaan rakyat ini untuk nenperjangkan apa saja kekurangan daerah ini, dengan muarnya kelak bisa sejajar dengan daerah lain di Indonesia

Dalam paragraf utama terletak pada paragraf satu yang memuat ide pokok yaitu Sultra melahirkan 9 orang terbaik didaerah ini yang mendapatkan kepercayaan rakyat untuk mewakili mereka dipusat. Dalam tajuk rencana trdapat kalimat utama terletak pada paragraf tujuh yaitu Andi Rahmat komunisi xl DPR RI juga punya cara sendiri memperjuangkan daerahya .dalam minggu ini, ia berkeliling daerah disultra untuk menjemput arpirasi masyasakat .sayangya ,tidak terlalu banyak yang bisa diakses dari sosok legislatif ini karena relatif ekslusif dari diskusi-diskusi para aktivis lingkungan, dan yidak memiliki tim komunikasi yang canggih sehingga apa yang sudah perbuat untuk sultra jarang diketahui publik. kata kunci dalam tajuk rencana ini masyarakat sultra harus lebih pandai memilih wakilnya untuk duduk kesenayan

3.    Opini

Opini pada Koran edisi jumat,18 november 2011 yang berjudul Membangun Sinerginitas Antara Tenaga Ahli,Tim Ahli,Sekretariat dan DPRD Sultra 2012dalam opini memuat dua puluh  paragraf.kedua puluh paragra ftesebut  terdapat paragraf utama yang terletak pada paragraf satu yaitu DPRD Sultra resmu memiliki tenaga ahli dan tim ahli fraksi dan alat kelengkapan DPRD sejak tahun 2010, melihat proses rekruitmennya dilakukan secara terbuka dalam hal ini publik turut adil dan berpatisipasi,mulai dari tahap pengumuman, pendaftaran, tes makalah, dan wawancara semua telah  dilalui dengan menggunakan pos dana APBD, Respon publkpun  tidak diduga kurang lebih seratus lima puluh(orang) yang mengambil formulir pendaftar dengan bebagai latar belakang,mulai dari akademis, birokrat,NGO,pers, partai politik, mantan pejabat turut menghiasi media cetak lokal  dan nasional, bahkan beberapa daerah dan provinsi lainpun dating dibumi sultra tentang mekanisme rekruitmen dengan mengundang partisipasi publik.

Dalam paragraf utama yang terletak pada paragraf satu memuat ide pokok yaitu DPRD Sultra resmi memiliki tenaga ahli dan tim ahli fraksi dan alat kelengkapan DPRD sejak tahun 2011 . dalam opini terdapat kalimat utama terletak pada paragraf ketiga yaitu untuk memudahkan penafsiran secara utuh dan komprehensip tersebut, maka perlu ada rujukan agar penafsiran tidak parsial, liar dan subyektif (suks tidak suka) sehingga mengaburkan subtansi undang-undang tentang keberadaan tenaga ahli dan tim ahli, penulis mencoba membuka peraturan tentang tenaga ahli dan tim ahli/kelompok pakar agar dapat dijadikan dasar pikar rujukan.kata kunci  dalam opini yaitu tenaga ahli diharapkan bisa membantu dalam konteks kepentingan politik partai pembentuk fraksi.

C.     Penutup

Paragraf merupakan seperangkat kalimat yang berhubungan untuk mendukung  satu topik sebuah paragraf dapat berupa satu kalimat sehingga sepuluh kalimat. Paragraf merupakan pembuka atau pengantar sampai pada pembicaraan.

Dalam paragraf jurnalistik kita harus dapat menarik minat dan perhatian pembaca, serta sanggup menghubungkan pikiran membaca kepada masalah yang akan disajikan  pada paragraf  utama, kalimat pokok, ide pokok, sehingga paragraf itu menjadi paragraf yang baik dan benar.

Daftar Pustaka

Kendari pos . jumat, 18 november 2011.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar