Selamat Datang di Blog Kajian Sastra Daerah

Selasa, 05 Juni 2012

HAKIKAT PEMBELAJARAN

Hakikat Pembelajaran
a. Pengertian Pembelajaran
Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan berbagai komponen yang saling berhubungan. Komponen-komponen tersebut antara lain guru,  siswa, materi, media, suasana pembelajaran, dan sebagainya. Begitu kompleksnya kegiatan pembelajaran sehingga masing-masing komponen tersebut harus mampu bekerja sama dengan baik sejak awal kegiatan sampai dengan kegiatan berakhir. ;Tujuan yang diinginkan dari rumusan tersebut adalah terciptanya kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan. Dari kegiatan pembelajaran yang seperti ini akan memicu kreativitas siswa untuk meningkatkan kemampuannya.
Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, kemampuan yang mestinya dikembangkan siswa, yaitu kemampuan berpikir dan bernalar, kepekaan sosial dan perasaan siswa, menikmati dan menghayati keindahan bahasa melalui karya-karya sastra. Hendaknyapembelajaran yang terjadi dapat dipersiapkan dan dilaksanakan dengan sungguh sungguh agar tujuan dari setiap pembelajaran mencapai hasil akhir yang memuaskan.
Ahlan Husein dan Rahman (1996: 3) menyatakan bahwa pembelajaran mengandung pengertian proses, cara, menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Makhluk hidup yang dimaksud adalah siswa, yaitu warga belajar yang mempunyai tugas belajar.
Menurut Oemar Hamalik (2003: 57), pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Beliau juga mengemukakan bahwa ada tiga pengertian pembelajaran berdasarkan teori belajar, yaitu : (1) pembelajaran adalah upaya mengorganisasi lingkungan untuk menciptakan kondisi belajar para peserta didik; (2) pembelajaran adalah upaya mempersiapkan anak didik untuk menjadi ,warga masyarakat yang baik; dan (3) pembelajaran adalah suatu proses membantu siswa menghadapi kehidupan masyarakat sehari-hari.
Pembelajaran adalah proses belajar. Pembelajaran merupakan proses belajar yang dilakukan oleh siswa dalam memahami materi kajian yang tersirat dalam pembelajaran. Pembelajaran bersinonim dengan istilah proses belajar, kegiatan belajar, atau pengalaman belajar. Pembelajaran menjadi titik tolak dalam merancang, merencanakan, dan mengevaluasi proses belajar mengajar bahasa Indonesia (Tarigan dan Akhlan Husein, 1996: 4).
Tarigan dan Akhlan Husein (1996: 13-14) menambahkan, ciri-ciri atau criteria pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:
(1) pembelajaran bahasa Indonesia harus memiliki pijakan tertentu sebagai dasar pengembangannya, misalnya pelajaran yang lain, pengalaman siswa, atau peristiwaperistiwa penting;
(2) pembelajaran bahasa Indonesia harus meningkatkan keterampilan berbahasa siswa;
(3) pembelajaran bahasa Indonesia meningkatkan kreativitas daya pikir dan daya nalar siswa;
(4) pembelajaran bahasa Indonesia hendaknya bervariasi;
(5) pembelajaran bahasa Indonesia meningkatkan kepekaan siswa terhadap keindahan bahasa  dan ragam atau variasi bahasa Indonesia;
(6) pembelajaran bahasa Indonesia meningkatkan interaksi siswa-guru-siswa;
(7) pembelajaran bahasa Indonesia memungkinkan siswa mengalami berbagai kegiatan berbahasa yang sesuai dengan situasinya;
(8) pembelajaran bahasa Indonesia meningkatkan pengetahuan dan sikap positif terhadap bahasa Indonesia; dan
(9) hasil pembelajaran dapat dinilai.
Subroto (dalam Gino, dkk 2000: 15) menjelaskan bahwa sebagai suatu usaha pembelajaran memiliki 3 ciri utama, yaitu:
1.    ada aktivitas yang menghasilkan perubahan tingkah laku pada diri pembelajar baik actual maupun potensial;
2.    perubahan itu berupa diperolehnya kemampuan baru dan berlaku untuk waktu yang lama; dan
3.    perubahan itu terjadi karena suatu usaha yang dilakukan secara sadar.
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran merupakan proses atau ,cara yang dilakukan guru, siswa, dan komponen pembelajaran lainnya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan

1 komentar: